Berita Terbaru

header ads

Membiakan Tanaman Kumis Kucing secara Efektif dan efisien


Tanaman Kumis kucing yang memiliki nama latin (Orthosiphon Aristatus) termasuk tanaman dari famili Lamiaceae. Di Indonesia, tanaman ini dikenal sebagai obat alami dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan sampai kecantikan.

Kandungan kumis kucing antara lain mengandung tinggi kalium, glikosida, orthosiponon yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat kumis kucing untuk kesehatan sampai kecantikan yang dirangkum dari beberapa sumber:

1. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih
2. Mengobati Gangguan Ginjal
3. Atasi Rematik
4. Meredakan Batuk
5. Mengobati Gusi Bengkak
6. Mengontrol Kadar Gula Darah
7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
8. Mengurangi Gatal Karena Alergi
9. Membantu Proses Detoksifikasi
10. Anti Jamur

Memperbanyak Tanaman kumis kucing

Tanaman kumis kucing merupakan jenis tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan dan dikembangbiakkan. 

Tanaman kumis kucing bisa diperbanyak dengan cara perundukan. Yaitu batang tanaman kumis kucing yang dekat dengan akar dimasukkan ke dalam tanah dan dibiarkan selama 3 minggu sampai akarnya muncul. Setelah akar yang muncul batang tanaman bisa digunting dan akarnya tanam kembali secara tegak.

Cara kedua adalah stek batang dengan media air. Batang tanaman kumis kucing sepanjang 10 cm kemudian dimasukkan ke dalam air bening dalam gelas plastik. Biarkan selama satu minggu Sampai Nanti akarnya keluar. Makanya keluar tanaman kumis kucing bisa ditanam pada tanah atau polybag.

Cara perbanyakan kumis kucing dengan stek batang air ini merupakan cara yang efektif dan efisien. Pertama Tingkat keberhasilan tinggi. Kedua waktu yang dibutuhkan relatif singkat hanya 1 minggu sampai 10 hari. Ketika bisa dikontrol setiap saat.

Itu adalah cara perbanyakan kumis kucing yang bisa anda lakukan di rumah.

Posting Komentar

0 Komentar