Berita Terbaru

header ads

Keputusan harga, Penertasi Harga dan Skimming Pricing


Pricing Decisions atau keputusan harga merupakan keputusan yang dikeluarkan oleh manajemen puncak dan manajemen pemasaran. Besarnya pembebanan harga untuk produk dan pelayanan tergantung banyaknya faktor seperti persaingan, biaya, iklan dan promosi penjualan. Teori ekonomi menyarankan agar harga yang terbaik untuk sebuah produk dan pelayanan adalah yang dapat memaksimalkan perbedaan antara pendapatan total dan biaya total. Bagaimana pun, dalam  kenyataannya, beban harga biasanya merupakan beberapa bentuk dari cost-plus (biaya ditambah), yang kemudian disesuaikan untuk kondisi pasar dan persaingan.

Penetration Pricing atau penetrasi harga merupakan metode penetapan harga standar sebuah produk atau pelayanan. dengan cara menentukan harga produk yang rendah agar dapat dengan cepat memperoleh pengakuan pasar yang luas. Ini disebut sebagai pengorbanan keuntungan jangka pendek agar dapat membuat pangsa pasar dengan besaran tertentu. salah satu tujuannya adalah untuk memperoleh pelanggan yang loyal.
contoh adalah market place baru yang menyediakan berbagai promo dan diskon agar mendapatkan banyak pengunjung dan transaksi.

Skimming Pricing merupakan strategi keputusan harga yang digunakan ketika produk baru diperkenalkan. Strategi ini meliputi penempatan ahrga awal yang tinggi terutama untuk mengganti biaya penelitian dan pengembangan investasi, harga secara progresif diturunkan dengan berlalunya waktu dan masuknya persaingan. Tujuannya untuk memaksimalkan keuntungan jangka pendek.

Posting Komentar

0 Komentar