Dalam dunia internet marketing sudah tidak asing dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Secara umum, SEO merupakan proses optimasi situs web Anda agar tampil lebih baik di halaman mesin pencari. Kali ini kita akan membahas SEO
SEO berkaitan dengan mesin pencari. Karena itu kita juga harus tahu bagaimana Mesin Pencari Bekerja? Secara umum cara kerja setiap mesin pencari dibagi ke dalam 3 tahapan:
1. Perayapan dan pengindeksan di halaman web Pada tahap ini, Mesin pencari menggunakan crawler web untuk mengelola informasi dari halaman dan konten yang tersedia secara publik di indeks penelusuran
2. Algoritma penelusuran
Pada tahap ini, sistem peringkat penelusuran akan mengurutkan ratusan miliar halaman diindeks Penelusuran untuk memberikan hasil yang berguna dan relevan
3. Respons yang Berguna
Pada tahap ini, Mesin pencari memastikan untuk memberikan hasil penelusuran dalam berbagai format untuk membantu pengguna menemukan informasi
Bagaimana Membuat Website Anda Muncul di Mesin Pencari?
Ada dua cara yang bisa anda lakukan agar website anda muncul dalam halaman pertama pencarian. Kedua cara tersebut adalah sebagai berikut:
1. Search Engine Optimization (SEO):
SEO adalah proses untuk mengoptimalkan situs web Anda supaya tampil lebih baik di halaman mesin pencari. Tentunya anda ingin website anda tampil dihalaman pertama bahkan di posisi paling atas mesin pencari Google.
2. Search Engine Marketing (SEM):
Anda dapat memasang iklan pada mesin pencari sehingga website Anda dapat muncul pada hasil pencarian berbayar.
Jika anda memiliki budget pemasaran, melakukan SEO dab SEM secara bersama-sama akan memberikan dampak yang bagus pada traffic website anda.
Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?
Secara umum SEO adalah proses optimasi situs web Anda agar tampil lebih baik di halaman mesin pencari. Kenapa kita harus melakukan SEO? Ada beberapa alasan kita melakukan SEO, yaitu:
- Menaikan ranking website anda di mesin pencari khususnya Google
- Mendapatkan lebih banyak trafik dari calon pelanggan yang sudah lebih tertarik dengan bisnis anda
- Trafik gratis 24 jam / 7 hari
- Meningkatkan kesadaran merek bisnis anda dan mendapatkan kepercayaan lebih dari calon pelanggan
- Membantu mendapatkan calon pelanggan sehingga membantu mengembangkan bisnis
Ada juga beberapa kasus sebuah Situs Tidak Ditemukan di Google. Berikut adalah penyebab situs anda tidak ditemukan dalam google:
- Situs tidak terhubung dengan baik dengan situs lain di web
- Anda baru saja meluncurkan situs baru dan belum di-telusuri/crawl Google
- Desain situs mempersulit Google menelusuri konten secara efektif
- Google mendapatkan error saat mencoba menelusuri situs Anda.
- Kebijakan Anda memblokir Google menelusuri situs
Anda harus memperbaiki lima penyebab di atas, jika ingin situs anda muncul dalam hasil pencarian Google.
PENERAPAN SEO
2 Kanal untuk Meningkatkan Pengunjungan Pelanggan Anda ke Situs Bisnis Anda
Google Bisnisku
Google Search
Saat pelanggan mengetik kata kunci di Google Search, query dari pencarian itu akan menemukan situs Anda yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.
Hal Penting yang Perlu Dipertimbangkan untuk Mendapatkan Calon Pelanggan Dengan Pencarian Organik:
1. Konten Berkualitas Tinggi
- Unik yang belum pernah dipublikasikan di internet
- Detail dalam menjelaskan topik
- Tersusun dengan struktur yang baik
- Saling berhubungan konten yang lain
- Mempunyai nilai yang baik untuk user berdasarkan pengalaman, riset, dan data
2. Kecepatan Tampilan Halaman Situs
- Pengguna internet menyukai website yang tampil dibawah 3 detik, dan Google memberikan ranking yang lebih baik untuk website yang dapat muncul lebih cepat
- Anda bisa melakukan test kecepatan website anda di testmysite.thinkwithgoogle.com
- Untuk cek yang lebih lanjut, silahkan masuk ke link g.co/webmasterid/speed. Ketik alamat situs bisnis Anda dan lihat kecepatan situs Anda.
- PageSpeed Insights lebih cocok digunakan jika Anda mempekerjakan developer untuk membuat situs Anda
- Website Anda harus bisa diakses dari seluler dengan baik dan cepat karena saat ini ~70% pengakses website menggunakan media seluler
3. Kata Kunci; Google Keyword Planner | Trends | Alerts
- Kata kunci adalah kata atau susunan kata penting yang digunakan oleh pengakses website, menemukan website di mesin pencarian, kemudian membaca konten di halaman website tersebut.
- Dalam menentukan kata kunci, pertimbangkan tiga hal berikut VOLUME , KOMPETISI, dan RELEVANSI
Produk Google yang berguna untuk membantu menemukan kata kunci yang sesuai: Google Trends, Google Keyword Planner, dan Google Alerts.
4. Struktur Situs
- Title / judul / Logo
- Page Description/Deskripsi Halaman atau biasa disebut Meta Description
Deskripsi yang tidak terlihat secara langsung oleh pengguna, namun bisa tampil di halaman mesin pencarian jika terpilih oleh Google.
- Main heading (H1)/Menu
Merupakan bagian dari bahasa pemrograman Hypertext Markup Language (HTML) dimana setiap halaman sebaiknya hanya memiliki sebuah H1 tag.
H1 tag biasanya merupakan tag header pertama yang terlihat di sebuah halaman dan diatas tag yang lain.
Tampil sebagai menu
- Sub headings (H2, H3)/Konten atau postingan
H2 dan H3 membantu mempermudah user dalam membaca konten halaman website anda dengan membagi ke beberapa bagian dan dilakukan secara berurutan
- Gambar, Suara, dan Video
Jika anda menambahkan gambar, suara atau video ke halaman website anda, maka anda harus memberi nama ALT text dengan deskripsi yang jelas supaya mesin pencari Google memahaminya dan bisa diindeks.
0 Komentar