Berita Terbaru

header ads

5 Tips Mudah Dapatkan Modal bagi Pengusaha UKM



Mencari modal bagi pebisnis usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan hal yang susah-susah gampang. Jika salah memilih sumber pemasukan modal, para pengusaha UKM yang notabene masih hijau ini bisa terjebak dengan berutang ke rentenir. Walhasil, bukan bisnis yang berkembang tapi malah hidup Anda menjadi tidak akan tenang karena dihantui utang yang tidak ada habisnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pengusaha UKM untuk bisa memperoleh modal tanpa harus terjebak masalah yang rumit. Berikut 5 tips yang bisa Anda simak:

1. Gadaikan Barang

Cara pertama adalah dengan menggadaikan barang. Cara ini cukup efektif sebagai solusi untuk bisa mendapatkan uang tunai dalam waktu dekat. Terlebih, barang yang digadaikan juga bisa ditebus kembali.

Barang yang bisa digadaikan juga beragam, mulai dari perhiasan, kendaraan bermotor, tanah, rumah, dan lain-lain. Saat menggadaikan barang, Anda juga perlu hati-hati. Pilih tempat penggadaian barang yang aman dengan reputasi jelas. Untuk hal yang satu ini, Pegadaian jadi pilihan yang aman. Terlebih, Pegadaian merupakan perusahaan milik negara. Jadi, Anda bisa tenang dan tidak perlu khawatir barang yang digadaikan hilang dengan tiba-tiba.

2. Cari Investor

Anda bisa mempertimbangkan untuk mencari investor. Tentunya, investor yang dicari adalah seorang investor yang bisa membuat bisnis Anda berkembang. Sosok investor yang bisa dipertimbangkan antara lain investor dengan jaringan bisnis yang kuat, investor dengan pengalaman yang banyak, serta investor yang bisa membantu saat Anda mengalami permasalahan dalam menjalankan bisnis.

3.Berpartisipasi dalam Program Kemitraan BUMN 

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga menyediakan program kemitraan yang bisa diikuti oleh para pemilik UKM. Mereka yang berpartisipasi dalam program ini, tidak hanya bisa memperoleh tambahan pinjaman permodalan usaha, tapi juga dapat berpartisipasi dalam program pengembangan yang mereka berikan. Pinjaman yang diberikan oleh BUMN adalah pinjaman dengan bunga rendah. Beberapa BUMN yang memiliki program seperti ini antara lain adalah Petrokimia Gresik, Semen Indonesia, PT Telkom, dan BUMN lainnya.

4. Ubah Gaya Hidup

Cara untuk bisa memperoleh modal usaha tentu saja dengan mengubah gaya hidup. Cara ini memang sangat sederhana, namun efektif. Dibandingkan menggunakan uang untuk membeli mobil baru yang lebih mahal dan dan mewah, alangkah baiknya dana tersebut dipakai untuk modal. Terlebih, mobil mahal hanya dipakai sekadar memenuhi hasrat gaya hidup mewah.

5. Pinjaman Bank

Cara terakhir adalah dengan mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) kepada bank. Pinjaman jenis ini secara khusus disediakan untuk pemilik usaha kecil dan menengah (UMKM). Selain cara pengajuannya gampang, bunga yang diterapkan juga ringan.

Berharap bisa berkreasi lewat usaha kecil dan menengah (UKM) bukan lagi mimpi di siang bolong. Ada banyak cara untuk mendapatkan modal tanpa perlu mendatangkan masalah. Tunggu apa lagi, ayo berkreasi sekarang juga!

Posting Komentar

0 Komentar