Berita Terbaru

header ads

Apa Saja Ide Bisnis Kreatif yang Cocok untuk Anak Muda?




Zaman sekarang, sudah tidak lagi zamannya anak mudah malas-malasan. Meski masih mengenyam bangku pendidikan, banyak dari mereka yang sudah memulai usaha bisnis. Karena mereka berpkir bahwa ketimbang mencari pekerjaan, lebih baik menciptakan lapangan meski dalam skala kecil.

Berangkat dari situ, sebenarnya ada banyak ide bisnis kreatif yang cocok untuk dikembangkan oleh anak muda. Berikut beberapa ide bisnis kreatif yang bisa dipertimbangkan:

1. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner yang bisa dijalankan oleh anak muda ada tiga jenis. Pertama yang membutuhkan tempat berupa kedai atau kafe. Untuk yang satu ini memang butuh modal yang cukup besar karena harus menyewa tempat.

Kedua menggunakan kendaraan seperti mobil atau memiliki boks besar. Kelebihannya, Anda bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Atau Anda juga bisa hanya melayani delivery order sehingga tidak butuh mobil dan tempat usaha.

Ketiga membuat produk kuliner unik dan tentu saja enak. Zaman sekarang mungkin sudah banyak yang menjual jenis makanan tertentu, katakanlah olahan ayam. Namun, dengan sedikit inovasi, calon pembeli akan tertarik dan mencoba. Apalagi jika harganya ramah di kantong.

2. Bisnis Distro

Anak mudah dan fesyen merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Di tangan anak muda yang kreatif, bisnis ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kalau Anda ingin memulai bisnis di bidang ini, disarankan untuk mampu berpikir out of the box. Jangan sekadar meniru apa yang telah ada di pasaran saja. Kalau bisa Anda menciptakan sesuatu yang baru dan bisa memunculkan tren. Anda bisa membuat aneka kaos dengan desain unik atau sepatu dan tas yang desainnya bisa sesuai dengan keinginan pembeli.

3. Bisnis Desain

Desain yang dimaksud di sini tidak hanya berkutat pada pakaian saja, melainkan juga desain untuk undangan, karakter orisinal, hingga website. Dewasa ini, untuk bisa membuat desain tidak harus kuliah. Ada banyak tutorial atau kursus yang membuat seseorang jadi ahli dengan aneka jenis desain. Selama hasil desain yang dihasilkan bagus, klien akan terus mencari keberadaan Anda.


4. Bisnis Kerajinan

Kerajinan yang dimaksud bisa berupa kerajinan dari kayu, barang bekas, atau bahan lain yang awalnya tidak berguna. Anda bisa membuat benda dari bahan-bahan tersebut dan meningkatkan nilai jualnya. Misal membuat lampion dari botol bekas. Setelah membuat barang itu, Anda bisa melakukan promosi di media sosial untuk mendapatkan calon pembeli.

Yang muda, yang berkarya. Yang muda, yang berbisnis. Ada banyak kesempatan terbuka lebar bagi Anda anak-anak muda yang ingin bergelut di dunia usaha kecil dan mengenah (UKM). Asal ada kemauan, maka akan ada jalan. Tinggal Anda sendiri yang menentukan.

Posting Komentar

0 Komentar