Berita Terbaru

header ads

Konsep Dasar Komunikasi Bisnis

Komunikasi berasal dari bahasa latin communicatio yang berarti memiliki makna yang sama. Komunikasi akan efektif apabila kedua belah pihak memiliki pemahaman yang sama akan Informasi yang disampaikan. Meski bahasa yang digunakan sama jika pemahaman tidak sama maka komunikasi yang terjadi tidak efektif.

Kegiatan komunikasi tidak hanya bersifat informatif, tetapi juga bersifat persuasif, bagaimana pihak lain mau menerima suatu paham atau keyakinan atau aktif yang disampaikan oleh komunikator.

Dek Lasswell mengajukan suatu formula untuk menjawab suatu pertanyaan. Formula ini adalah 5W1H. Formula Lasswell ini bisa dilafalkan dengan who Say what in which channel to whom with what effect. Jika dirinci adalah sebagai berikut

Who: Komunikator orang yang menyampaikan pesan
Say watch: pesan yang disampaikan
In which channel: saluran atau media yang digunakan untuk menyampaikan pesan
To whom: komunikan orang yang menerima pesan
With what effect: efek dari komunitas yang berlangsung.

Dari formula Lasswell di atas kita dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah Proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu.

Ada 7 Aspek komunikasi dapat terjadi. Aspek pertama adanya manusia yang menyampaikan dan menerima pesan. Ada pesan yang disampaikan. Apa media yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Adanya gangguan. Konteks komunikasi, umpan balik, dan pengaruh.

Alur komunikasi.

Proses komunikasi terdiri dari 6 tahapan.
  1. Pengirim  mempunyai ide atau suatu gagasan.
  2. Pengirim mengubah ide menjadi pesan
  3. Pesan disampaikan melalui saluran atau media tertentu
  4. Komunikan menerima pesan tersebut
  5. Penerima pesan menafsirkan isi pesan tersebut
  6. Pesan melakukan tanggapan dan umpan balik.

Posting Komentar

0 Komentar